Sabtu, 04 Desember 2010

Ekstrakulikuler di Sekolahku

As we know, our school is very busy school ! Every days, every hours, every minutes, and every seconds, we don’t have a much spare time to get play with our friends from other school. But although we’re busier than another school, our school still have same program with another school outside like SMANDALA or SMANSALA. Guess what !. Yeah, extra class or in Indonesian ekstrakulikuler.
Is that a good beginning to start our posting ? ^^

We just try different style. But we hope the readers can understand well the first paragraph ^^
 
Starts from here we’ll use Indonesian again.

Ekstrakulikuler adalah salah satu dari program sekolah yang dicanangkan sebagai wadah atau tempat bagi siswanya untuk menumbuhkan bakat atau potensi yang ada dalam seseoranh dan mengembangkannya untuk kepentingan dirinya suatu saat nanti. Ekstrakulikuler di SMANPALA sebenarnya hampir sama dengan ekskul disekolah lain, tapi di SMANPALA, ekskul dibedakan menjadi dua, yaitu ekskul pilihan dan ekskul wajib. Pembahasan lebih lengkap bisa dibaca dibawah selengkapnya
1.    Ekskul Pilihan

Ekskul pilihan adalah ekskul yang diikuti karena minat atau ketertarikan seorang siswa terhadap kegiatan ekskul tersebut. Ekskul pilihan biasanya digunakan sebagai wadah untuk mengembangkan bakat seseorang yang ada dalam dirinya. Ekskul pilihan yang ada di SMANPALA lumayan banyak, dalam bidang seni terdapat pilihan ekskul Seni Musik, Seni Tari, Seni Lukis, Seni Taman, dan Seni Teater. Dalam bidang olahraga, SMANPALA menyediakan beberapa pilihan seperti Bola Voli, Bola Basket, Tenis Meja, Bulu Tangkis, dan Pencak Silat. Ekskul pilihan lainnya yang juga disediakan di SMANPALA adalah Debat Bahasa Inggris, PMR, dan masih banyak lagi. Harapan SIS kedepannya sih, ekskul di SMANPALA akan lebih banyak lagi, seperti Kelompok Ilmiah Remaja, Seni Potografi, dan sebagainya. Ekskul pilihan ini dilaksanakan setiap hari jumat dari pukul 14.00 sampai dengan 15.45 (atau waktu ashar)

 


2.    Ekskul Wajib

Namanya juga ekskul wajib, ekskul yang satu ini harus diikuti oleh seluruh siswa-siswi di SMANPALA. Ekskul wajib terbagi lagi menjadi dua, yaitu Pembinaan Iman dan Taqwa, yang satu lagi Latihan Disiplin siswa-siswi SMANPALA. Waktu pengerjaan ekskul ini berbeda-beda, Pembinaan Imtaq dilakukan setiap hari (kecuali hari jumat), tiap hari senin sampai dengan kamis, pembinaan imtaq dilaksanakan pada pagi hari (pukul 07.00-07.40) dan pada sore sampai malam hari (pukul 17.30-19.30). Sedangkan hari jumat pembinaan imtaq dilakukan pada waktu sholat dzuhur sampai pukul 13.00. Hari sabtu, pembinaan imtaq hanya ada di pagi hari.


Ekskul wajib yang kedua adalah Latdis (latihan disiplin) yang waktu pelaksanaannya setelah sholat ashar sampai pukul 17.00, latdis biasanya ditekankan kepada junior (atau siswa tahun pertama di SMANPALA), latdis ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kesamaan, rasa persaudaraan, kedisiplinan, dan jiwa kepemimpinan di dalam diri seorang siswa. Latdis juga melatih mental agar kuat dan tidak mudah menyerah.
  Latdis terbagi menjadi tiga, LKS (Latian Kepemimpinan Siswa), Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka), Pramuka (Praja Muda Karana). Biasanya tempat latihan di Lapangan upacara SMANPALA, kalau hujan turun, pelaksanaannya di dalam ruang kelas atau aula SMANPALA.




Itulah sedikit ulasan tentang ekskul di sekolah kami (SMANPALA). Terima kasih untuk para pembaca yang telah menyempatkan diri untuk membca dan berkunjung di blog kami. Kami harap pembaca sekalian akan membaca posting kami selanjutnya ya !

0 komentar:

Quote

"Allah, maafkan hamba yang seringkali lebih mencintai dunia dan melupakan wajah-wajah cinta lain yang abadi dan tak pernah berakhir duka"
(Asma Nadia, La Tahzan)

"Sakit adalah jalan untuk menemukan siapa diri kita dan siapakah sahabat di sekitar kita"
(Qomaruzzaman A., La Tahzan)

"To know the future, you must return the past"
(Albus Dumbledore, Harry Potter)

"Kalau kamu mau berubah, kamulah satu-satunya yang harus merubahnya. Sesederhana itu, bukan?"
(Katharine Hepburn)

"Usaha cerdas dan keras + Doa tak terputus + Pantang Menyerah = SUKSES BESAR"
(anonim)

"Kita tidak bisa bersalaman dengan tangan terkepal"
(Indira Ghandi)

"Kalau kamu hidup pada masa lalu dan mengizinkan masa lalu itu menenetukan siapa kamu, kamu tidak akan pernah tumbuh"
(Oprah Winfrey)

"Lingkaran hidup persis seperti postulat aksi reaksi Isaac Newton, yaitu sesuatu yang sederhana hari ini bisa menjadi sesuatu yang amat mempengaruhi kita, be sensitive"
(Andrea Hirata, Laskar Pelangi)
 

SIS zone Copyright © 2010 Blogger Template Designed by Bie. Re-designed by : Tara