Sabtu, 04 Desember 2010

Blog yang Menarik, Bermanfaat, dan Enak dilihat

Ulasan kali ini tentang Blog yang Menarik, Bermanfaat, dan Enak dilihat. Setelah melakukan wawancara ke beberapa siswa di SIS, akhirnya penulis memutuskan untuk menuliskan tiga pendapat yang dirasa bisa mewakili jawaban dari teman-teman lainnya. Nah, inilah beberapa pendapat dari siswa di SIS :
Claudia Rahma Dhini : “blog yang menarik itu yang penampilannya bagus, dan enak dipandang oleh mata, isinya juga terkandung informasi-informasi yang bisa digunakan sebagai referensi untuk pembacanya”
Carlina Bella : “Blog yang menarik itu blog yang isi postingnya up to date, atau selalu diisi dengan posting terbaru. Jadi pembaca dapat menikmati isinya. Masalah penampilan, yang penting enak dan bersahabat dengan mata.”
Elvanisa Ayu M : “Blog yang bermanfaat, enak dilihat, dan menarik adalah blog yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain untuk mendapatkan informasi dan penampilannya enak dilihat oleh siapa saja.”
Siapa yang tidak pernah mendengar istilah blog? Ada baiknya kamu mencari di berbagai sumber kalau kamu belum pernah mendengar tentang blog ^^. Blog bisa dikategorikan sebagai catatan harian atau tempat untuk menyalurkan cerita, berita, dan informasi lainnya. Saat ini blog adalah salah satu halaman online yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan sebagai halaman harian yang ditulis sebagai sarana penyalur bakat atau penyalur informasi. Untuk itulah, saat ini siswa-siswi SMANPALA sedang keranjingan untuk membuat blog, menghiasi blog, dan mengisi blognya dengan berbagai posting maupun subjek multimedia lainnya.
Tapi ada baiknya sebelum kita membuat sebuah blog, kita mengetahui secara jelas seperti apa blog yang menarik, bermanfaat, dan enak dilihat itu. Supaya nanti, ketika kita membuat blog, blog kita di kunjungi banyak orang dan bisa menaikkan ranking halaman (page rank) blog kita. Baca ulasan dari SIS berikut ini ya !


1.    Blog yang menarik dan enak dilihat

Menarik dan Enak dilihat adalah dua hal yang berkaitan, biasanya blog yang enak dilihat itu adalah blog yang memiliki warna yang kontras antara satu dengan yang lainnya, untuk tampilannya, blog yang enak dilihat biasanya memiliki warna yang bisa dilihat dengan jelas, atau tidak samar-samar (untuk mendapatkan kode warna yang seimbang, bisa digunakan kode HEX dan bisa didapat di situs http://www.colorsombos.com) . Blog yang enak dilihat bisa jadi blog yang memasang widget-widget. Sedangkan blog yang menarik biasanya dikaitkan dengan beberapa factor, seperti factor umur, factor pembaca, dan factor subjektif atau penilaian seseorang dengan sudut pandangnya. Blog yang menarik menurut orang yang satu belum tentu menarik bagi yang lainnya. Tapi blog yang menarik juga bisa dinilai dari isi atau posting yang ada di dalam blog tersebut, seperti blog yang selalu update, akan lebih menarik ketimbang blog yang tidak pernah atau jarang diupdate.
2.    Blog yang Bermanfaat

Bicara soal manfaat, blog bisa dinilai dari posting atau isinya, karena blog akan menjadi bermanfaat ketika blog tersebut bisa membawa kebaikan bagi seseorang yang membacanya. Blog yang berisi ilmu pengetahuan maupun informasi biasanya akan jauh lebih bermanfaat ketimbang blog yang hanya berisi catatan harian biasa (tetapi bukan berarti blog tidak boleh berisi catatan harian, ya!). Blog yang bermanfaat juga bisa jadi blog yang memiliki software, lagu, atau dokumen-dokumen pelajaran yang dapat diunduh secara gratis. Atau blog penyedia layanan pembuat grafik (ikon dan banner) dan penyedia kode-kode untuk mempercantik blog. Ada pula saatnya ketika blog yang disebutkan diatas menjadi tidak bermanfaat bagi pembacanya, dikarenakan saat itu dia tidak membutuhkan hal tersebut. Yap ! blog yang bermanfaat itu juga ditentukan dengan kebutuhan atau keperluan si pembaca atau pencari informasi itu sendiri.
Well, setelah mempertimbangkan ulasan diatas. Bisa jadi kamu harus mulai menulis dari sekarang, mudah-mudahan blogmu adalah blog yang membawa manfaat dan dikunjungi orang banyak ya ! Banyak lho, orang terkenal di Indonesia dimulai dari menulis blog (contoh : Raditya Dika, penulis buku-buku konyol seperti kambing jantan, tolong!raditya membuat saya gila, dsb). Boleh jadi kamu adalah Raditya Dika atau Bena selanjutnya ^^

0 komentar:

Quote

"Allah, maafkan hamba yang seringkali lebih mencintai dunia dan melupakan wajah-wajah cinta lain yang abadi dan tak pernah berakhir duka"
(Asma Nadia, La Tahzan)

"Sakit adalah jalan untuk menemukan siapa diri kita dan siapakah sahabat di sekitar kita"
(Qomaruzzaman A., La Tahzan)

"To know the future, you must return the past"
(Albus Dumbledore, Harry Potter)

"Kalau kamu mau berubah, kamulah satu-satunya yang harus merubahnya. Sesederhana itu, bukan?"
(Katharine Hepburn)

"Usaha cerdas dan keras + Doa tak terputus + Pantang Menyerah = SUKSES BESAR"
(anonim)

"Kita tidak bisa bersalaman dengan tangan terkepal"
(Indira Ghandi)

"Kalau kamu hidup pada masa lalu dan mengizinkan masa lalu itu menenetukan siapa kamu, kamu tidak akan pernah tumbuh"
(Oprah Winfrey)

"Lingkaran hidup persis seperti postulat aksi reaksi Isaac Newton, yaitu sesuatu yang sederhana hari ini bisa menjadi sesuatu yang amat mempengaruhi kita, be sensitive"
(Andrea Hirata, Laskar Pelangi)
 

SIS zone Copyright © 2010 Blogger Template Designed by Bie. Re-designed by : Tara