Sabtu, 04 Desember 2010

Pemanfaatan IT di Sekolahku



Boleh dikatakan sekolah kami jauh dari perkotaan, alias terdapat di pedesaan, tepatnya di desa Tanjung Payang. Meskipun begitu, bukan berarti sekolah kami sama ‘desa’nya dengan letaknya. Sekolah kami adalah salah satu sekolah yang difavoritkan di Kabupaten Lahat, yang telah berhasil mendapatkan gelar sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), hal ini lantas membuat sekolah kami mendapatkan banyaaaaak sekali fasilitas yang belum didapatkan sekolah lain di Kabupaten Lahat. Seperti contohnya saja, sekolah kami mendapat fasilitas penggunaan Internet (hotspot) di kawasan sekolah. Selain itu pemerintah juga memberikan fasilitas Teknologi dan Informasi seperti ruangan multimedia, dan masih banyak lagi :)
Hal ini tentu saja dimanfaatkan dengan baik oleh kami, para siswa dan guru di SMANPALA guna memperoleh pendidikan yang berbasis pemanfaatan Ilmu Teknologi. Contoh pemanfaatan yang sering ditemui di SMANPALA adalah sebagai berikut.

1.    Sebagai Sarana Penyampaian Materi Pembelajaran
 

Hal ini sering sekali dimanfaatkan oleh guru yang mengajar di kelas kami, contohnya : Sir Baslini (guru Bahasa Inggris), Pak Edi Iskandar (guru Fisika), Pak Wijayanto (guru Kimia), Pak Susilotomo (guru Biologi), Pak Sugeng Widada (guru Sejarah) dan Pak Sumarji (guru Agama Islam). Mereka seringkali menggunakan presentasi sebagai salah satu cara mengajar, terkadang mereka memberikan tugas kepada kami untuk membuat presentasi yang akan dipresentasikan ketika kami diharuskan untuk belajar secara mandiri. Hal ini tentu saja sangat membantu kami dalam menangkap pelajaran. Karena materi yang disampaikan biasanya berbentuk animasi, dan menarik. Pemanfaatan IT ini juga mampu mempermudah siswa maupun guru untuk berinteraksi, seperti memberikan soal dan mengirimkan jawaban hanya menggunakan sarana blog atau e-mail (pesan elektronik). Hal ini sungguh tidak bisa disia-siakan begitu saja, karena mengingat terbantunya para tenaga pengajar dan siswa dalam berinteraksi dan berkomunikasi dalam pembelajaran sehari-hari.
 
2.    Sebagai Alat Pencari Informasi


Internet tentu sudah tidak asing lagi penggunaannya, dalam hal ini Internet adalah dunia maya yang tanpa batas, untuk itulah hal ini dimanfaatkan oleh keluarga besar SMANPALA sebagai sumber informasi dan alat pencari informasi yang cukup bisa diandalkan. Dengan hanya membuka salah satu situs search engine dan bermodalkan kata kunci, keluarga besar SMANPALA bisa mendapatkan informasi apa saja yang mereka inginkan. Pemanfaatan seperti ini biasanya dilakukan ketika waktu istirahat siang untuk mencari materi pelajaran, atau materi penunjang untuk menyelesaikan karya tulis (salah satu pelajaran wajib di SMANPALA)
 
3.    Sebagai Sarana Hiburan

Seperti diketahui, pengguna laptop di SMANPALA sudah lebih dari separuh siswa, ditambah lagi dengan computer-komputer yang sudah disediakan oleh sekolah yang apabila dijumlahkan akan banyak sekali jumlahnya. Di waktu senggang yang dimiliki oleh siswa SMANPALA, biasanya mereka memanfaatkan IT sebagai sarana hiburan, seperti nonton movie bareng, main game, foto-foto atau merekam video ‘gila’ dengan narsisnya (sama seperti yang biasa dilakukan SIS di waktu senggang) dan mendengarkan lagu. Hal ini tentu saja sebagai salah satu gambaran betapa kehidupan di SMANPALA tidak bisa di jauhkan dari pemanfaatan IT :)

4.    Sebagai Sarana Untuk Berkomunikasi


Seiring dengan berkembangnya jaman, berkembang juga pola berfikir manusia untuk mempermudah kegiatan yang dilakukannya sehari-hari, termasuk juga berkomunikasi. Di jaman ini, kita menemukan banyaknya situs-situ jejaring sosial dari yang lokal seperti Indogoo! Atau Kaskus dan jejaring sosial dari luar negeri seperti twitter dan yang popular, Facebook. Dengan adanya layanan internet terbuka seperti hotspot di SMANPALA, siswa dibebaskan untuk menggunakan sarana ini sebagai alat untuk berkomunikasi (tetapi sayangnya hal ini seringkali disalahgunakan oleh siswa, seperti terlalu seringnya digunakan untuk ‘online’  yang pada akhirnya mengganggu kepentingan orang banyak)

Pemanfaatan IT seharusnya bisa dimaksimalkan para siswa SMANPALA untuk digunakan sebagai alat atau sarana menuju ke arah manusia modern yang siap untuk melanjutkan hidup di era global ini, bukan malah terlena dengan fasilitas di SMANPALA yang sudah ada. Kami dari SIS berharap, nantinya siswa SMANPALA akan bisa memanfaatkan IT dengan maksimal dan baik di SMANPALA :)

0 komentar:

Quote

"Allah, maafkan hamba yang seringkali lebih mencintai dunia dan melupakan wajah-wajah cinta lain yang abadi dan tak pernah berakhir duka"
(Asma Nadia, La Tahzan)

"Sakit adalah jalan untuk menemukan siapa diri kita dan siapakah sahabat di sekitar kita"
(Qomaruzzaman A., La Tahzan)

"To know the future, you must return the past"
(Albus Dumbledore, Harry Potter)

"Kalau kamu mau berubah, kamulah satu-satunya yang harus merubahnya. Sesederhana itu, bukan?"
(Katharine Hepburn)

"Usaha cerdas dan keras + Doa tak terputus + Pantang Menyerah = SUKSES BESAR"
(anonim)

"Kita tidak bisa bersalaman dengan tangan terkepal"
(Indira Ghandi)

"Kalau kamu hidup pada masa lalu dan mengizinkan masa lalu itu menenetukan siapa kamu, kamu tidak akan pernah tumbuh"
(Oprah Winfrey)

"Lingkaran hidup persis seperti postulat aksi reaksi Isaac Newton, yaitu sesuatu yang sederhana hari ini bisa menjadi sesuatu yang amat mempengaruhi kita, be sensitive"
(Andrea Hirata, Laskar Pelangi)
 

SIS zone Copyright © 2010 Blogger Template Designed by Bie. Re-designed by : Tara